Sunday, September 21, 2014

Saran Pelatih Valencia B untuk Timnas U-19

Jakarta - Pelatih tim nasional Indonesia U-19, Indra Sjafri, sempat berdiskusi dengan jajaran pelatih Valencia B. Dalam diskusi tersebut, timnas U-19 mendapatkan masukan dari pelatih Valencia B, Curro Torres.

Timnas U-19 berhasil menahan imbang Valencia B pada pertandingan yang digelar di Ciudad Deportivo de Paterna Valencia CF, Kamis (18/9) lalu. Meski lebih dulu tertinggal, 'Garuda Muda' bisa menyamakan skor 1-1 melalui gol sang kapten, Evan Dimas.

Usai pertandingan, tim pelatih timnas U-19 mendapatkan kesempatan menggelar pertemuan dengan tim pelatih Valencia B. Ada beberapa hal yang dibicarakan dalam pertemuan itu, terutama bagaimana Valencia mengembangkan pembinaan sepakbolanya.

"Ada dua hal yang menjadi bahan diskusi kami. Yang pertama, mereka memaparkan bagaimana cara mereka mengelola tim profesional yang punya identitas sama dengan tim utamanya hingga akademi. Cara bermainnya punya identitas yang sama," ujar Indra.

"Mereka bahkan memulainya sejak usia dini, dari lima tahun. Setiap kelompok umur itu dibina berkesinambungan. Luar biasanya mereka tiap tahun bisa menyumbangkan ke Valencia senior sekitar empat hingga lima pemain," katanya.

Tidak hanya itu, pelatih Valencia B pun menyampaikan sarannya untuk timnas U-19. Torres menilai Evan Dimas dkk. telah memiliki identitas permainan, yang diharapkan bisa dipertahankan hingga level senior.

"Mereka juga memberikan penilaian kepada tim ini. Dia mengatakan bahwa kami sudah punya identitas bermain sendiri, jangan diubah. Jadikan itu sebagai identitas kami hingga ke senior. Karena cara permainan seperti itu paling cocok untuk Indonesia," ujar Indra.

No comments:

Post a Comment